TANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DONGENG



Kepala SD Islam Terpadu Umar bin Khattab Juwana Ustadz Sutoyo menilai, dongeng merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menanamkan berbagai karakter pada diri pendengarnya.

Tidak hanya anak-anak, bahkan orang tuapun sangat menyukai  jika mendengarkan dongeng. Sebagai pendidik, menurutnya pihaknya cukup prihatin, karena saat ini sudah jarang ditemui ada kegiatan mendongeng di depan kelas.

Terkait hal tersebut, pihaknya mengundang salah seorang pendongeng internasional ke sekolah, yakni Bambang Bimo Suryono atau yang akrab disapa Kak Bimo.

"Saat ini jarang sekali ada yang mau menggunakan dongeng sebagai cara untuk menyampaikan pesan atau amanat dalam sebuah  pembelajaran. Bahkan para orang tuapun sudah enggan memakai dongeng untuk meninabobokkan putra-putri tercintanya sesaat sebelum tidur," ujarnya.

Menurutnya, dengan mendatangkan pendongeng yang profesional, ke depan, pendidik dan orang tua juga termotivasi agar nantinya bisa menyampaikan pesan-pesan yang mendidik melalui dongeng.

Melalui acara tersebut pula, pihaknya berharap, nantinya kemampuan guru dalam memberikan pembelajaran kepada anak didik juga semakin maksimal, khususnya melalui teknik mendongeng.



"Kita belajar banyak dari acara tersebut. Guru yang mengajar di SDIT Umar bin Khattab, tentu banyak mengambil hikmah atau juga ikut belajar mengenai cara mendongeng," ungkapnya.

Menurutnya, untuk bisa menjadi pendongeng profesional, banyak yang harus dikuasi, baik materi maupun teknik. Secara sepintas, menuruntya, Kak Bimo menunjukkan kompetensi yang sangat profesional dan bisa menjadi contoh bagi yang ingin belajar mendongeng.

Melalui acara mendongeng itu pula, dirinya berharap, anak-anak juga mendapatkan pelajaran baru, dan nantinya termotivasi untuk bisa tampil dengan percaya diri ketika berbicara di hadapan publik.

Untuk diketahui, Kak Bimo, merupakan pendiri Asosiasi Pencerita Muslim Indonesia, Pecinta Kisah Qurani, Penganjur Shirah Nabawiyah, Pakar Dongeng Berkarakter, Penemu Metode Story Based Teaching dan Master Of Story Teller Indonesia.

Bukan hanya itu, Kak Bimo juga telah berhasil dua kali Rekor MURI, yakni pendongeng dengan ilustrasi suara terbanyak, yakni  lebih dari 200 suara dan audien dongeng terbanyak, yaitu 24 ribu anak.

Prestasi selanjutnya, yakni terbaik I sebagai Pemuda Pelopor Nasional Bidang Pendidikan, dengan kepeloporan Membangun Karakter bangsa melalui cerita, The Best Performance berbagai Festival Bercerita Nasional/Internasional.

Belum ada Komentar untuk " TANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DONGENG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel