SDIT UMAR BIN KHATHAB BERKHIDMAT MASYARAKAT


Puluhan siswa SD Islam Terpadu Umar bin Khattab Juwana melakukan kegiatan Belajar Bersama Masyarakat (BBM). Desa Bulumulyo, Kecamatan Batangan, Pati, menjadi pusat berkhidmat atau pengabdian masyarakat bagi puluhan siswa tersebut.

Kepala SD IT Umar bin KhatHab Ustadz Sutoyo menyampaikan, kegiatan pengabdian terhadap masyarakat tersebut diikuti siswa kelas VI. Untuk kegiatan ini, katanya merupakan yang kedelapan kalinya.

Menurutnya, pada kegiatan tersebut, ada beberapa tahapan yang dilaksanakan siswa. Di antaranya adalah bakti diri. Dalam hal ini, siswa diminta untuk bisa mandiri, yakni mulai bersih-bersih, memasak, memenuhi kebutuhan pribadi, berkomunikasi dengan baik, berakhlaqul karimah dan lain sebagainya.


Kemudian, yaitu bakti masyarakat. Pada tahap ini, siswa diharapkan bisa berhubungan secara langsung dengan masyarakat, yakni dengan mengalikasikan bakat yang dimiliki. Misalnya saja, untuk siswa yang memiliki bakat dalam bidang pembawa acara, pada tahap tersebut dijajal langsung.

"Selanjutnya ada pula namanya bakti sekolah. Yakni, anak-anak mengajak belajar bersama dengan siswa di sekolah setempat," ujarnya.

Lanjutnya, inti dari kegiatan belajar bersama masyarakat tersebut adalah untuk sebuah pengabdian diri siswa terhadap masyarakat. Untuk itu, kegiatan tersebut didesain sedemikian rupa, sehingga anak-anak bisa mengaplikasikan pelajaran yang telah diberikan di sekolah untuk diterapkan di masyarakat.

"Ada banyak kegiatan yang kita lakukan bersama masyarakat. Misalnya saja bagaimana anak-anak belajar tentang sistem pemerintahan desa, keunggulan pertanian desa setempat hingga perikanan," katanya.

Dirinya juga menyatakan, jika kegiatan belajar bersam masyarkat yang sudah berjalan selama sepekan, yaki 15-19 Januari 2018 itu, ternyata sangat dibutuhkan masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, silaturahmi antara masyarakat dengan sivitas sekolah juga terjalin. Dan tentunya, anak-anak bisa berperan dan berpartisipasi dalam pengembangan sumber daya manusia," pungkasnya.

Belum ada Komentar untuk " SDIT UMAR BIN KHATHAB BERKHIDMAT MASYARAKAT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel