Siswa SDIT Umar Bin Khathab Belajar Bersama Masyarakat

Pengarahan dari kepala sekolah pada saat pemberangkatan siswa untuk mengikuti BBM

Sebanyak 100 siswa SD Islam Terpadu Umar bin Khathab Juwana melakukan kegiatan Belajar Bersama Masyarakat (BBM). Desa Sukoagung, Kecamatan Batangan, Pati, menjadi pusat berkhidmat atau pengabdian masyarakat bagi siswa tersebut.

Kepala SDIT Umar bin Khathab Ustadz Sutoyo menyampaikan, kegiatan pengabdian terhadap masyarakat tersebut diikuti siswa kelas VI.

Menurutnya, pada kegiatan tersebut, ada beberapa tahapan yang dilaksanakan siswa. Di antaranya dalah bakti diri. Dalam hal ini, siswa diminta untuk bisa mandiri, yakni mulai bersih-bersih, memasak, memenuhi kebutuhan pribadi, berkomunikasi dengan baik, berakhlaqul karimah dan lain sebagainya.

Pembukaan kegiatan BBM oleh Kepala Dea Sukoagung


Kemudian, yaitu bakti masyarakat. Pada tahap ini, siswa diharapkan bisa berhubungan secara langsung dengan masyarakat, yakni dengan mengalikasikan bakat yang dimiliki. Misalnya saja, untuk siswa yang memiliki bakat dalam bidang pembawa acara, pada tahap tersebut dijajal langsung.

"Selanjutnya ada pula namanya bakti sekolah. Yakni, anak-anak mengajak belajar bersama dengan siswa di sekolah setempat," ujarnya.

Lanjutnya, inti dari kegiatan belajar bersama masyarakat tersebut adalah untuk sebuah pengabdian diri siswa terhadap masyarakat. Untuk itu, kegiatan tersebut didesain sedemikian rupa, sehingga anak-anak bisa mengaplikasikan pelajaran yang telah diberikan di sekolah untuk diterapkan di masyarakat.

"Ada banyak kegiatan yang kita lakukan bersama masyarakat. Misalnya saja bagaimana anak-anak belajar tentang sistem pemerintahan desa, keunggulan pertanian desa setempat hingga perikanan," katanya.

Siswa belajar matun bersama petani di desa setempat


Dirinya juga menyatakan, jika kegiatan belajar bersam masyarkat yang sudah berjalan selama empat hari, yaki 14-17 Januari 2019 itu, ternyata sangat dibutuhkan masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, silaturahmi antara masyarakat dengan sivitas sekolah juga terjalin. Dan tentunya, anak-anak bisa berperan dan berpartisipasi dalam pengembangan sumber daya manusia," pungkasnya.

Belum ada Komentar untuk "Siswa SDIT Umar Bin Khathab Belajar Bersama Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel